RZF Software | Professional Application Developer

5 Tips Mengelola Pengeluaran Usaha Warung

Oleh: Admin | 02 Februari 2022 - 07:30 WIB
5 Tips Mengelola Pengeluaran Usaha Warung

Dalam menjalankan bisnis baik itu bisnis skala besar maupun skala kecil, mengelola pengeluaran menjadi salah satu kegiatan yang penting.

Banyak pebisnis warung yang tidak memperhatikan perencanaan keuangan, mereka terlalu abai dengan pengeluaran kecil, sehingga tidak heran banyak pebisnis warung yang kesulitan berkembang. Padahal pengelolaan keuangan menjadi hal penting agar bisnis warung dapat berjalan dengan baik.

Berikut ini tips mudah mengelola keuangan usaha warung Anda, beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Tentukan Perencanaan Penggunaan Modal

Perencanaan uang modal sangat penting dilakukan, meskipun bisnis yang dibangun masih dalam kecil-kecilan. Dalam membangun bahkan mengelola bisnis, setidaknya Anda membutuhkan modal. Maka, dari itu menentukan perencanaan penggunaan modal akan membantu Anda dalam mengelola keuangan warung.

Misalnya. dengan modal yang Anda miliki tersebut, apa saja yang harus Anda beli untuk memulai untuk memenuhi kebutuhan warung, seperti produk dan barang pendukung lainnya. Dalam hal ini, Anda harus mengatur uang modal Anda sebaik mungkin dengan membeli produk sesuai kebutuhan, atau produk yang memanga banyak dicari dan dibutuhkan oleh pelanggan Anda, dan hindari membeli barang yang tidak diperlukan..

2. Lakukan Analisis Untung dan Rugi Warung

Memantau keuntungan dan kerugian sudah sepatutnya perlu Anda lakukan. Hal ini membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda agar keuangan warung Anda tetap stabil dan tidak mengalami kerugian.

3. Tentukan Persentase Keuntungan Warung

Dengan mengatahui persenase keuntungan usaha Anda, akan lebih mudah dalam menentukan perencanan terhadap bisnis warung Anda

4. Tegas Terhadap Batas Waktu Piutang

Kekurangan yang sering kita jumpai pada bisnis warung ialah, seringnya piutang konsumen yang notabene. Tidak semua pelanggan akan membayar piutang mereka dengan tepat. Dengan terjadi penumpukan piutang pelanggan akan sangat mengganggu perputaran modal untuk ketersediaan barang pada periode berikutnya.

Oleh karena itu, Anda perlu memberi batas maksimal dalam memberi hutang, dan beri akhir waktu pembayaran. Hal ini akan mempermidah Anda dalam mengelola bisnis Anda kembali.

5. Manfaatkan Teknologi

Teknologi akan membantu Anda mengelola keuangan bisnis warung Anda dengan lebih mudah, seperti melakukan pencatatan penjualan, melakuakn perhitungan laba rugi, dan mencatat semua aktivtas pengeluaran bahkan pemasukan tanpa harus melakukan perhitungan secara manual.

Berbeda halnya jika Anda masih menggunakan cara manual, ketika mencatat keuangan usaha secara manual di buku. Kemungkinan Anda akan menghadapi situasi kesalahan dalam pencatatan dan hal ini akan sangat berisiko.

Itulah tips pengelolaan keuangan untuk usaha warung Anda, pengelolaan keuangan usaha secara manual akan sangat berisiko seperti, risiko kehilangan catatan, penumpukan kertas dan kesalahan dalam perhitungan yang akan membuat Anda kembali melakukan perhitungan ulang, tentu hal in akan sangat menyita waktu.

Beralih ke sistem digital sekarang dengan menggunakan aplikasi kasir urusan usaha warungmu akan lebih mudah.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.