RZF Software | Professional Application Developer

5 Tips Menata Meja Kasir Toko agar Lebih Profesional

Oleh: Admin | 07 Maret 2022 - 07:15 WIB
5 Tips Menata Meja Kasir Toko agar Lebih Profesional

Saat Anda memiliki sebuah outlet yang perlu Anda perhatikan ialah desain ruangan agar terlihat nyaman, terlebih pada salah satu tempat meja kasir Anda. Salah satunya dengan menghadirkan pelayanan toko yang berkualitas, terutama saat berhadapan dengan pelanggan di meja kasir.

Itulah mengapa Anda perlu memastikan penataan meja kasir Anda tidak membuat pelanggan merasa terganggu.

Berikut artikel kali ini, akan memberikan tips bagaimana penataan meja kasir yang tepat di outlet Anda. Yuk, simak artikelnya!

1. Letakan Meja Kasir di Lokasi yang Tepat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah memilih tempat kasir yang mudah dijangkau oleh pelanggan, maka Anda perlu menentukan posisi yang tepat. Jangan sampai keberadaan meja kasir mengganggu aktivitas pelanggan yang ingin masuk atau keluar dari toko.

Pada umumnya meja kasir dilekatkan di dekat pintu masuk, namun tidak menghalangi pealnggan yang keluar dan masuk. Anda juga bisa meniru desain tata letak meja kasir melalui outlet-outlet ternama salah satunya ialah alfamart dan indomart.

Baca juga: Kembangkan Bisnis Ritel Anda dengan 6 Tips Berikut!

2. Pehatikan Keberadaan Power Outlet

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ialah keberadaan power outlet. Anda harus memastikan lokasi meja kasir Anda tidak jauh dengan soket listrik. Keberadaan soket listrik yang berdekatan dengan meja kasir akan memberikan kemudahan ketika Anda diharuskan menggunakan berbagai jenis peralatan elektronik.

Ketika Anda menggunakan peralatan listrik dan dengan posisi soket listrik yang jauh dari meja kasir, tentu hal ini akan membuat Anda harus menggunakan kabel penghubung yang jumlahnya perlu disesuaikan dengan kebutuhan, Cara ini akan membuat kesan yang kurang rapi ada toko Anda.

3. Perhatikan Kenyaman Antre Pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, bahwa dengan memperhatikan lokasi penempatan meja kasir juga akan sangat berpengaruh kepada kenyamanan pelanggan. Maka Anda perlu memastikan lokasinya bisa memberikan kenyamanan bagi pelanggan Anda dalam situasi apapun.

Jangan hanya mempertimbangkan pelayanan pelanggan di meja kasir dalam kondisi sepi saja, namun Anda juga harus mempertimbangkan pada keadaan toko yang ramai. Pastikan bahwa penempatan meja kasir disertai dengan ruang antre bagi para pelanggan.

4. Hindari Terlalu Banyak Barang di Meja Kasir

Hindari perlengkapan yang ditempatkan diatas meja, fungsi utama meja kasir ialah untuk melayani para pelanggan. Oleh karena itu sebisa mungkin Anda harus memilih meja dengan ukuran yang cukup luas. Dengan begitu petugas kasir tidak akan mengalami kesulitan saat sedang melayani pembeli.

5. Sediakan Sistem Pelayanan Transaksi yang Modern

Bagi sebagian pelanggan menunggu antrian bukanlah yang menyenangkan, maka Anda bisa memberikan pelanggan Anda pelayanan yang terbaik dengan menyediakan mesin kasir yang akan membantu proses transaksi menjadi lebih cepat dan menghindari panjangnya antrian yang disebabkan proses transaksi yang lama.

Demikian Cara Menata Meja Kasir yang bisa Anda terapkan pada outlet Anda. Outlet yang menarik dan juga memiliki fasilitas meja kasir yang memadai, akan sangat membuat pelanggan nyaman untuk berbelanja

Memiliki outlet yang menyediakan sistem aplikasi kasir yang canggih memang sangat membantu Anda dalam mengelola outlet, seperti membantu proses pelayanan menjadi lebih cepat, membantu mengelola stok barang dan membantu mengelola laporan keuangan tanpa harus berhitung secara manual.

Selain itu, aplikasi kasir juga akan membantu Anda dalam memperhitungkan piutang pelanggan hingga laba rugi yang di dapat.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.