RZF Software | Professional Application Developer

5 Cara Menjalankan Srategi Influencer Marketing dalam Bisnis

Oleh: Admin | 11 Januari 2022 - 08:00 WIB
5 Cara Menjalankan Srategi Influencer Marketing dalam Bisnis

Dalam artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang apa itu influencer dalam bsinis. Influencer adalah memiliki kekuatan untuk mempengaruhi kepeutusan seseorang untuk akhirnya bisa memutuskan untuk membeli atau memakai suatu produk atau jasa yang mereka rekomendasikan.

Dalam ranah bisnis influencer marketing ini sedang menjadi salah satu pemasaran yang paling banyak digunakan oleh sebagian pebisnis. Pada dasarnya banyak pebisnis yang memilih memasarkan produk mereka dengan menggunakan dorongan dari influencer.

Karena strategi marketing yang satu ini dapat meningkatkan brand awareness dan tentunya membantu meningkatkan penjualan. Selain itu, startegi ini juga membantu perusahaan untuk menjangkau lebih banyak target audiens baru.

Saat ini, di indonesia strategi influencer sedang populer, dimana banyak para pebisnis yang bekerjasama dengan para influencer untuk memasarkan produk dan layanan mereka.

Lalu bagaimana cara menjalankan strategi influencer ?

1. Perhatikan 3 Pilar Influence
Saat kamu ingin menerapkan startegi influencer dalam bisnis hal yang pertama kali harus Anda perhtaikan ialah, mempertimbangkan 3 faktor yaitu relevance, reach dan resonance.

  • Relevance

Temukan dan pilih influencer yang relevan dengan bisnis atau niche perusahaan yang Anda jalankan. Dengan memilih influence yang sesuai dapat memberi pengaruh yang baik untuk menarik perhatian dan interaksi dan target yang digunakan.

  • Reach

Reach yang dimaksud ialah jangkauan atau jumlah potensial audiens yang dapat dijangkau oleh influencer tersebut. Disini Anda bisa memiliki seorang influencer yang memiliki banyak follower pada berbagai akun sosial media mereka.

  • Resonance

Resonance merupakan potensi engangement yang dapat dihasilkan oleh influencer tersebut terhadap produk Anda. Faktor resonance ini yang nantinya akan menentukan seberapa banyak interaksi yang bisa dihasilkan dari publikasi konten yang dilakukan oleh seorang influencer.

Selain harus memiliki follower yang banyak, influencer juga harus memiliki hubungan yang baik dengan audiens mereka, karena jika influencer tidak dapat menghasilkan engengement yang baik sengan audiens, maka strategi pemasdaran yang dilakukan tidak bisa berjalan dengan baik .

2. Kenali Target Audiens
Sebelum menentukan siapa yang akan menjadi influencer bisnis Anda penting terlebih dahulu menentukan siapa target pasar yang ingin Anda pengaruhi. Untuk menentukan target sudiens yang tepat, Anda dapat membuat buyer personal dengan deskripsi atau informasi yang dapat merepresentasikan target audiens Anda.

3. Tentukan Tujuan Pemasaran
Tujuan dari kegiatan pemasaran bisa berbeda-beda. Bisa untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement dengan audiens. meningkatkan penjualan, meningktakan jumlah followers, menjaga loyalitas konsumen, atau menarik konsumen baru, Setelah itu buat KPI yang bisa mengukur keberhasilan tercapainya tujuan pemasaran. Misalnya, tujuan pemasarannya adalah meningkatkan brand awareness, maka KPI nya bisa dilihast dari impressions, reach,peningkatan followers, engangement, dan lainnya.

4. Pilih Media yang Tepat
Pada umumnya ada banyak media yang digunakan oleh influencer. Seperti Instagram, twitter, blog, Youtube atau Facebook. Nah, ketika target audiensmu adalah generasi milenial maka, kemungkinan Anda harus memanfaatkan instagram dan TikTok, karena kedua media tersebut sangat populer digunakan saat ini.

5. Pilih Influencer yang Tepat
Influencer yang kamu pilih sangat berpengaruh loh pada keberhasilan pamasaran. Maka dari itu kamu harus memilih seorang influencer yang tepat, yang tentunya sesuai dengan bisnia yang Anda jalankan.

Selain itu, dalam memilih seorang influencer untuk bisnis anda pastikan influencer yang kamu pilih memiliki citra yang baik dan positif, dan mempunyai intesnsitas dalam memabagikan koten yang cukup baik.

Strategi influncer marketing saat ini tengah marak diterapkan oleh sejumlah pemilik bisnis atau perusahaan berskala nasional. Keefektifan dari strategi ini terukur dari adanya kelebihan dari segi kekuatan personal branding seoarng influencer dalam mempengaruhi pemikiran pada media sosial. Semakin besar interaksi serta respon positif masyarakat.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk membantu memasarkan produk bisnis Anda. Strategi influencer sangat penting bagi bisnis yang Anda jalankan, untuk membantu strategi ini berjalan dengan lancar. Penting bagi Anda untuk mengelola keuangan usaha dengan baik menggunakan aplikasi kasir.

Aplikasi kasir juga membantu Anda mengelola stok barang pada gudang persediaan Anda sehingga Anda akan lebih mudah mengetahui laporan barang yang tersedia.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.