RZF Software | Professional Application Developer

4 Tips Sukses Dongkrak Omset Bisnis Kelontong

Oleh: Admin | 22 Januari 2022 - 09:00 WIB
4 Tips Sukses Dongkrak Omset Bisnis Kelontong

Usaha kelontong menjadi salah satu usaha yang sangat besar peluangnya, mengingat barang dan produk yang dijual termasuk kebutuhan premier. Maka usaha kelontong ini akan selalu
dibutuhkan dan dicari oleh banyak masyarakat. Sehingga pemilik toko kelontong tidak diharuskan mencari pelanggan.

Menjalankan usaha toko kelontong sangatlah sederhana jika dibandingkan dengan bisnis lainnya. Karena bisnis jenis ini tidak membutuhkan keahlian yang profesional dalam pengelolaan dan pelayanan.

Sebagai pelaku usaha toko kelontong tentunya Anda menginginkan penjualan tokomu terus meningkat, karena hal ini akan mempengaruhi omset usahamu. Semakin banyak produk
yang terjual, maka semakin banyak keuntungan yang didapatkan dan tentu usahamu akan semakin besar pula.

Maka dari itu, meningkatkan penjualan menjadi salah satu hal yang penting untuk membantu meningkatkan omset toko kelontong. Namun dalam meningkatkan penjualan toko kelontong ini bukan hal yang mudah, karena banyak faktor yang akan mempengaruhi usaha kelontong, salah satunya persaingan pasar.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa usaha kelontong ini salah satu bisnis yang banyak menemui peluang, sehingga tidak heran banyak pelaku usaha kelontong yang saat ini bermunculan diranah pasar.

Persaingan yang ketat menyebabkan usaha kelontong sulit meningkatkan omset, maka dari itu sebagai pelaku bisnis kelontong Anda perlu memperhatikan tips berikut agar bisnis kelontong Anda semakin berkembang dan mendapatkan banyak omset, diantaranya: 

1. Cari Tahu Produk Apa yang Paling dicari oleh Pelanggan

Seperti yang kita tahu, bahwa usaha kelontong merupakan usaha yang menjual berbagai macam produk yang merupakan kebutuhan masyarakat. Mulai dari snack, beras, telur, minyak goreng dan masih banyak lagi.

Walau begitu, tidak semua produk yang dijual oleh usaha kelontong ini akan cepat habis, karena pada kenyataannya kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Nah, untuk itu Anda perlu mencari tahu produk apa yang pelanggan Anda butuhkan.

Dalam mencari tahu produk yang diinginkan oleh pelanggan, Anda bisa memulainya dengan melakukan analisa terhadap penjualan Anda baru-baru ini dengan melihat produk apa yang paling dicari atau produk terlaris.

Sehingga, dengan data ini kamu bisa kembali memaksimalkan tokomu dengan menyediakan lebih banyak produk atau barang yang dibutuhkan oleh pelanggan dan mengurangi stok produk yang tidak laku.

Selain itu, dengan memahami jenis kebutuhan pelanggan yang sifatnya harian Anda juga bisa menambah varian produk tokomu. Dengan begitu, mereka akan kembali ke toko Anda karena ketersediaan setiap barang yang mereka butuhkan.

2. Perhatikan Pemasok Barang Toko Anda

Pada dasarnya toko kelontong jenis usaha yang berfokus untuk menjual produk atau barang dengan berbagai macam varian. Sehingga, keberhasilannya dalam usahanya sangat bergantung pada barang yang dijualnya.

Terlebih kualitas barang yang menjadi tolak ukur pelanggan untuk membeli produk toko Anda atau tidak, karena kualitas memiliki kendali yang cukup besar tehadap keberhasilan bisnis yang dijalankan oleh usaha kelontong.

Sehingga dalam hal ini Anda perlu memilih dan memilah pemasok yang akan memberikan Anda kualitas barang yang baik. Selain itu, hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan ialah dengan melakukan ekspedisi ke berbagai agen atau pemasok untuk mencari pemasok yang memiliki kualitas barang yang terbaik dengan harga yang tetap bisa bersaing.

3. Maksimalkan Pelayanan

Pelayanan juga sangat mempengaruhi omset tokomu, dengan memberikan pelayanan yang baik terhadap pelangganmu kemungkinan hal ini akan memberikan pengaruh yang cukup
besar dalam membuat pelanggan tersebut melakukan pembelian ulang atau repeat order.

Sebaliknya, ketika pelayanan tokomu kurang baik seperti membuat pelanggan Anda menunggu terlalu lama, hal ini akan memberikan pengalaman yang buruk terhadap pelanggan dan membuat pelanggan Anda beralih untuk berbelanja ditempat lain.

Sehingga, dapat dikatakan memberikan pelayanan yang baik akan membantu Anda memberikan kepuasan kepada pelanggan Anda. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk membantu proses transaksi penjualan menjadi lebih cepat, misalnya dengan menggunakan aplikasi kasir.

4. Modernisasi Toko Kelontong Anda

Dizaman sekarang banyak usaha yang mulai beralilh ke penjualan yang lebih modern, pada dasarnya semakin banyak pesaing maka semakin banyak tantangan dalam menjalankan bisnis. Maka salah satu cara menyikapinya ialah dengan mengikuti perkembangan zaman.

Modernisasi terbukti efektif membantu meningkatkan omset penjualan toko, karena saat ini banyak pelanggan yang lebih senang berbelanja ditempat yang bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat dan modern, Anda bisa mulai dengan memodernisasi transaksi penjualan Anda dengan memilih sistem yang akan membantu proses penjualan toko Anda lebih cepat dengan menggunakan software kasir, atau aplikasi usaha lainnya.

Itulah tips meningkatkan penjualan toko kelontong yang bisa Anda terapkan. Omset sangat penting dalam sebuah bisnis. Namun mengelola keuangan juga tidak kalah penting, karena dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik akan membantu Anda untuk mengetahui omset yang didapat, dan meminimalisir pengeluaran toko Anda yang menyebabkan toko Anda kehilangan peluang omset besar.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.