RZF Software | Professional Application Developer

3 Trik Diskon ini Bikin Penjualan Bisnis Makin Laris Manis!

Oleh: Admin | 16 April 2022 - 07:15 WIB
3 Trik Diskon ini Bikin Penjualan Bisnis Makin Laris Manis!

Bagaimana strategi meningkatkan penjualan? Pada dasarnya terdapat banyak cara yang dapat meningkatakan penjualan bisnis, salah satunya ialah pemberian diskon kepada pelanggan. Cara ini terbukti ampuh untuk mendorong angka penjualan, mengingat semua pelanggan senang dan akan tertarik dengan sebuah promo atau diskon. Bahkan tak sedikit yang memutuskan untuk membeli barang hanya karena produk sedang diskon.

Dengan memberikan diskon dan promo, mampu memberikan pengaruh besar dalam meningkatkan penjualan. Namun, sebagian menganggap bahwa pemberian diskon hanya efektif untuk sebagian bisnis saja, itupun jenis bisnis online. Kenyataanya salah besar, 3 trik diskon ini juga efektif loh untuk usaha online maupun offline.

Lalu, bagaimana cara menerapkan diskon yang efektif untuk bisnis?

Artikel kali ini akan membahas 3 trik pemberian diskon yang ampuh dan sudah teruji efektif digunakan oleh banyak pebisnis. Jika kamu ingin meningkatkan pendapatan dengan cara yang berbeda, beberapa jenis diskon berikut cocok untuk kamu tiru. Langsung saja simak artikel berikut ya!

1. Dongkrak penjualan dengan persentase diskon

Ternyata pemberian diskon dalam bentuk persentase juga dapat membantu mendongkrak angka penjualan loh! Namun, ingat tidak semua diskon persentase ini efektif.

Seperti contoh, ketika kamu ingin menerapkan diskon untuk stok produk lama yang belum terjual dengan diskon 5%, hal ini kurang efektif, kenapa demikian? Bayangkan saja ketika kamu melihat sebuah produk yang kurang diminati dengan diskon 5% apakah kamu akan tertarik? Tentu tidak, alasannya karena angka diskon yang terlalu kecil.

Nah, kamu bisa menggunakan diskon dengan persentase angka yang cukup besar, seperti 25%, hingga 50% untuk mengurangi penumpukan stok yang penjualannya minim.

2. Berikan potongan harga berdasarkan kuantitas

Memberikan insentif berupa potongan harga kepada pelanggan yang melakukan transaksi dengan nominal tertentu, merupakan salah satu cara yang juga efektif meningkatkan penjualan sebanyak-banyaknya loh.

Dimana pelanggan akan mendapatkan potongan harga berdasarkan nominal yang sudah ditentukan. Misalnya, minimal pembelian 100.000 akan mendapatkan potongan 15.000.

Kamu juga bisa menerapkan stratgei ini secara berjenjang, dimana pelanggan akan mendapatkan potongan yang lebih besar ketika mereka melakukan pembelian dengan nominal yang lebih besar pula. Dengan demikian pelangganpun akan tertarik untuk membeli lebih banyak item, demi bisa mendapatkan potongan harga spesial tersebut.

3. Terapkan program poin member

Trik promo yang satu ini tidak kalah efektif loh untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu. Meskipun jenis potongan harga ini tidak dapat dinikmati langsung, namun pemberian poin terbukti efektif untuk menjaga loyalitas pelanggan agar terus melakukan pembelian ulang.

Bagaimana pemberian poin loyalty dapat mendongkrak omset penjualan? Kamu bisa memberikan poin kepada pelanggan berdasarkan jumlah transaksi, jumlah produk, nominal produk atau non poin.

Misalnya, untuk pemberian poin berdasarkan jumlah transaksi sebesar Rp.100.000,- maka poin yang akan didapat sebanyak 20 poin, atau untuk pemberian poin berdasarkan jumlah produk, misal pembelian 10 item produk, maka poin yang akan didapatkan sebanyak 5 poin dll. Nah, dimana dengan poin tersebut pelanggan dapatkan menukarkannya dengan produk lain.

Dengan cara pemberian poin ini, kamu bisa memastikan kepuasan pelanggan serta tingkat retensinya tetap tinggi loh, dan ini membuat pelanggan untuk terus kembali berbelanja ditempatmu. Sehingga, bisnis yang kamu jalankan pun akan semakin meningkat dan berkembang.

Selain, itu cara ini juga sudah banyak digunakan oleh sejumlah pebisnis lain, karena strategi diskon dengan penerapan poin juga merupakan trik yang cukup modern.

Demikian trik memberikan diskon yang efektif meningkatkan penjualan, agar lebih mudah dalam perhitungan pemberian diskon atau poin kamu bisa menggunakan aplikasi kasir dari RZF Software untuk mempermudah kamu dalam meningkatkan penjualan bisnis.

Selain itu, aplikasi kasir RZF juga membantu kamu dalam pengelolaan keuangan dan stok barang jadi lebih mudah, serta membantu bisnismu mendapatkan laporan laba rugi dan laporan lainnya secara akurat tanpa harus melakukan perhitungana secara manual lagi.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.