RZF Software | Professional Application Developer

3 Tips Mengatasi Selisih Stok Barang digudang

Oleh: Admin | 29 Januari 2022 - 07:30 WIB
3 Tips Mengatasi Selisih Stok Barang digudang

Pengelolaan barang menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak menyita waktu, karena butuh banyak perencanaan dalam kegiatannya seperti, pencatatan barang, perhitungan stok, bahkan hingga perpindahan barang.

Terkadang dalam pengelolaan barang dengan cara manual terjadi kesalahan dalam perhitungannya, sehingga terjadi selisih stok pada data barang. Stok yang berantakan akan sangat mempengaruhi proses berjalannya bisnis. Seperti stok kosong tidak terpantau yang akan menyebabkan terhambatnya proses jual beli barang.

Hal ini akan lebih rumit lagi ketika Anda memiliki gudang yang berbeda, maka dalam hal ini dibutuhkan strategi dalam pengelolaan stok barang dengan tepat. untuk membanu mengatur semua keperluan digudang tersebut.

Nah, artikel ini akan membahas tentang bagaimana pengelolaan dan cara mengatasi stok barang yang mengalami selisih. jika tertarik berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti, diantaranya:

1. Catat Semua Proses Termasuk Penjualan

Untuk lebih mudah dan meminimalisir kebocoran stok barang yang terjadi pada gudang persediaan Anda salah satunya ialah dengan mencatat semua proses kegiatan yang akan mempengaruhi stok barang Anda berubah, seperti proses pengiriman dan penerimaan barang termasuk penjualan.

Pencatatan data barang keluar dan masuk tidak sesuai, akan menyebabkan selisih stok barang, sehingga Anda perlu melakukan pencatatan dengan benar agar tidak terjadi adanya perbedaan data yang diterima, sehingga persediaan barang bisa terpantau dengan baik.

Salah satunya dengan melakukan pencatatan penjualan, seperti yang kita tahu proses penjualan juga akan mempengaruhi stok, karena secara tidak langsung dengan adanya penjualan, barang digudang persediaan akan berkurang. Sehingga bisa dibilang melakukan pencatatan penjualan sangat penting. Terlebih jika Anda belum mengenal teknologi yang akan membantu Anda menyederhanakan kegiatan tersebut.

2. Melakukan Stock Opname

Pada dasarnya stock opname merupakan kegiatan perhitungan persediaan barang sebelum dijual, biasanya bebeapa peusahaan akan melakukan kegiatan stock opname, dalam satu bulan sekali tepatnya awal bulan untuk menekan risiko selisih dari stok.

Selain, itu dilakukannya stock opname bertujuan agar pebedaan stok dapat segera diketahui dan dicari tahu akar dari analisis perhitungannya.

Kegiatan ini akan sangat menguras waktu jika dilakukan secara manual, karena Anda diharuskan memeriksa dan melakukan perhitungan barang yang ada dalam gudang seacara langsung. sehingga Anda memerlukan sistem yang.

3. Otomatisasi Pengelolaan Stok Barang

Sebagai pemilik bisnis pastinya Anda tidak akan terus menerus melakukan pengecekan barang secara fisik, karena kegiatan ini akan sangat menguras banyak waktu dan tenaga. Sehingga Anda memerlukan laporan yang akan menunjukan stok barang secara otomatis. Salah satunya dengan menggunakan bantuan dari sistem aplikasi kasir.

Manajemen aplikasi kasir akan membantu Anda mengelola stok barang menjadi lebih mudah, seperti menyajikan persediaan barang, membantu proses input barang masuk, mencatat barang keluar, serta memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengelola gudang lebih dari satu.

Demikian tips mengatasi selisih stok barang yang bisa Anda tiru, mengelola stok barang memang bukan suatu hal yang mudah terlebih jika bisnis Anda memiliki ribuan produk, dalam perhitungannya diperlukan ketlitian agar proses perhitungan persediaan barang tidak terjadi kesalahan.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.