RZF Software | Professional Application Developer

3 Tips Ampuh Meningkatkan Profit Bisnis Anda

Oleh: Admin | 25 Januari 2022 - 06:00 WIB
3 Tips Ampuh Meningkatkan Profit Bisnis Anda

Sebagai pemilik bisnis mungkin Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan profit bisnis Anda? Meningkatkan profit bisnis memang menjadi mimpi sekaligus kewajiban setiap pebisnis, karena profit sendiri merupakan keuntungan bersih sehingga tidak heran banyak pelaku bisnis yang menginginkan profit yang besar.

Apa itu profit?
Pengertian profit sendiri merupakan jumlah uang yang dihasilkan dari penjualan dalam periode tertentu yang sudah dikurangi dengan HPP dan biaya atau bisa juga disebut laba bersih.

Profit menjadi salah satu tujuan utama pelaku bisnis, bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah mendapatkan profit, akan terus mencari cara untuk bisa meningkatkannya secara terus menerus. Namun upaya dalam meningkatkan profit bisnis bukan hal yang mudah, terlebih jika bisnis memiliki banyak pesaing.

Lalu Bagaimana Cara Meningatkan Profitabilitas Bisnis?

1. Meningkatkan Sales Penjualan

Seperti yang kita tahu penjualan akan sangat berpengaruh pada pendapatan perusahaan oleh karena itu langkah pertama yang perlu Anda perhatikan dalam meningkatkan profit bisnis ialah dengan meningatkan penjualan sales.

Pada dasar nya pembelian dari pelanggan baru namun dengan jumlah nominal yang rata-rata perpelanggan serta rasio konversinya sangat rendah.

Sehingga dalam hal ini mungkin Anda harus menjual produk dalam jumlah yang sangat besar, dan Anda tentunya membutuhkan jumlah pelanggan yang sangat banyak untuk dapat meningkatkan profit yang signifikan.

2. Memotong Cost

Salah satu cara ini yang sering kali diabaikan oleh pelaku bisnis. Banyak pelaku bisnis yang hanya berfokus meningkatkan penjualan saja, namun kurang memperhatikan cost.

Apa itu cost? cost merupakan biaya pengeluaran untuk mendapatkan atau memproduksi barang seperti: biaya pengiriman, pengepakan, pengeluaran untuk kegiatan. Meningkatkan nilai penjualan memang akan sangat membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang, tetapi hal ini bukan berarti Anda harus mengabaikan biaya cost yang dikeluarkan oleh bisnis Anda.

Sehingga, dalam hal ini pentingnya memperhatikan cost atau biaya pengeluaran pada bisnis Anda. Anda bisa melakukan analisa proses kerja mana yang penting dan yang tidak penting, mana yang sekiranya perlu dipangkas bahkan dihilangkan. Buatlah proses kerja pada perusahaan seefektif dan seefisien mungkin.

3. Malakukan Analisa untuk Mengetahui Margin Laba Kotor

Tahap selanjutnya yang bisa meningkatkan profit perusahaan Anda ialah dengan melakukan analisa untuk mengetahui margin laba kotor, terlebih jika produk atau layanan yang Anda jual memiliki berbagai macam.

Dalam tahap ini, Anda bisa melakukan identifikasi produk mana yang memiliki margin rendah dengan melihat dari sisi penjualan tentang produk mana yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Profit merupakan jumlah uang yang dihasilkan dari penjualan dalam periode tertentu yang sudah dikurangi dengan HPP dan biaya atau bisa juga disebut laba bersih. Meningkatkan profit memang hal yang sangat penting dilakukan, selain profit melakukan pencatatan keuangan juga sangat penting dilakukan.

Anda bisa memulainya dengan melakukan pembukuan sederhana, atau dengan dibantu oleh sistem aplikasi kasir. Dengan aplikasi kasir atau aplikasi pengelolaan keuangan usaha lainnya Anda bisa mendapatkan laporan keuangan secara otomatis, tanpa harus melakukan perhitungan secara manual lagi.

Selain itu dengan aplikasi kasir kamu bisa melakukan perhitungan barang dengan mudah tanpa harus repot melakukan perhitungan dan pengecekan stok barang digudang secara fisik.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.