RZF Software | Professional Application Developer

10 Tips Bisnis Katering Rumahan jadi Makin Cuan!

Oleh: Admin | 29 Maret 2022 - 08:00 WIB
10 Tips Bisnis Katering Rumahan jadi Makin Cuan!

Bisnis katering adalah salah satu bisnis yang saat ini banyak menemui peminat, alasannya memulai bisnis katering menjadi hal terbaik untuk menyalurkan bakat memasak yang bisa menghasilkan uang. Selain itu, dalam memulai bisnis katering juga tidak terlalu memerlukan modal yang besar.

Tak hanya itu, alasan yang cukup kuat dalam memulai sebuah bisnis katering juga dikarenakan salah satu jenis usaha ini sudah pasti dibutuhkan oleh banyak orang, karena mengingat makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Maka, tak heran jika bisnis dibidang katering ini tidak pernah sepi.

Artikel kali ini akan membahas 10 tips mengenai bisnis katering rumahan biar makin cuan! Cara bisnis katering rumahan ini bisa kamu terapkan bagi kamu yang ingin memulai bisnis dari rumah. Yuk, simak terus artikelnya!

1. Tentukan Jenis Katering yang Akan Kamu Layani

Hal pertama yang harus dilakukan ialah memilih jenis katering yang akan kamu layani atau yang akan kamu buat. Biasanya katering rumahan melayani jenis katering untuk syukuran atau sejenisnya dengan kemasan makanan berupa box.

Namun, kamu juga bisa sama bila membuka jasa katering untuk berbagai jenis katering, seperti katering khusus kantoran, katering acara besar hingga katering khusus anak sekolah.Ini bisa menambah  keuntungan untuk bisnis katering kamu.

2. Lakukan Riset Pasar

Bisnis katering juga perlu melakukan riset pasar? Meskipun bisnis ini terbilang jenis bisnis yang akan selalu menemui banyak prospek, tetapi tetap harus melakukan riset pasar. Salah satunya dengan mencari tahu makanan apa yang sednga trend dikalangan masyarakat.

Anda juga bisa melakukan riset dengan memperhatikan kompetitor sekitar, Perhatikan menu seperti yang sedang banyak diminiati dan berapa harga jual yang kompetitormu tawarkan kepada pelanggan mereka.

3. Tentukan Brand

Setelah melakukan reset pasar, selanjutnya iala menentukan brand dari bisnis yang akan kamu jalani. Meskipun hanya berupa bisnis rumahan, tapi brand ini sangat penting untuk sebuah bisnis. Dimana brand ini akan menjadi identitas dari bisnis yang membuatnya lebih mudah dikenali.

4. Mencari Supplier yang Tepat

Tips selanjutnya adalah menentukan dan mencari supplier yang tepat, pilihlah supplier yang memberikan bahan makanan yang berkualitas dengan harga yang relatif lebih murah. Pada dasarnya beberapa bahan makanan tidak baik untuk disimpan lama. Maka dari itu, kamu membutuhkan pemasok yang bisa terus memberikan supply bahan makanan yang fresh.

5. Persiapkan Modal Usaha Katering

Memperhitungkan persiapan modal menjadi salah satu yang penting, pada dasarnya bisnis katering rumahan tidak begitu memiliki modal yang besar. Kamu jjuga tidak perlu mengeluarkan uang sewa tempat, karena bisnis ini bisa jadi bisnis rumahan, sehingga hal ini akan lebih menghemat budget kamu.

Modal yang ada bisa kamu fokuskan untuk membeli peralatan dapur pendukun dan juga bahan baku secukupnya. Keuntungan yang kamu dapatkan bisa kamu gunkana untuk mengembangkan bisnis ini. Misalnya untuk memperbanyak alat dapur, memperkerjakan karyawan, dll.

6. Tentukan Menu

Nah, langkah yang tidak boleh ketinggalan ialah menentukan menu bisnis katering, kamu bisa menyediakan beberapa menu agar pelanggan semakin tertarik dan tidak bosan dengan katering kamu. Menu in juga harus diperbaharui seiring waktu mengikuti tren pasar.

7. Promosi dengan Efektif

Tanpa melakuakan promosi secara efektif, bisnis kateringmu tidak akan ditemukan oleh pelanggan. Maka dari itu, pastikankamu melakukan promosi dengan efektif.

Anda bisa mulai mempromosikan bisnis kateringna Anda secara online melalui sosial media, pastikan targetnya merupakan individu yang tinggall dalam jarak tertentu dari tempat tinggalmu.

8. Lakukan Tester

Memberikan tester merupakan salah atu cara agar bisnis katering mu bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Setiap kamu membuat menu baru, jangan ragu untuk memberikan tester gratis kepada pelanggan, terutama pelanggan setia kamu.

Atau kamu bisa menawarkan tester kepada pelanggan baru yang khendak membeli kateringmu sebelum memutuskan untuk membeli.

9. Jaga Citra Rasa dan Kualitas Makanan

Dengan cita rasa yang konsisten dan makanan berkualitas dapat membuat pelanggan kamu terus setia terhadap bisnis kateringmu. Maka kamu harus terus menjaga kualitas makanan yang Anda jual.

10. Berikan Pelayanan Terbaik

Bukan hanaya kualitas makanan saja yang pelru kamu jaga, tetatpi pelayanan terhadap pelanggan juga sangat penting. Pelayanan yang baik ini mencakup penjual yang ramah, pengiriman yang tepat waktu, hingga keterbukaan penjual terhadap setiap kritik yang diberikan oleh pelanggan.

Demikian beberapa tips dalam menjalankan bisnis katering rumahan yang bisa kamu tiru. Seperti yang kita tahu bisnis yang satu ini merupakan bisnia yang bisa dilakukan di rumahan, namun tetap saja pengelolaan bisnis katering sangat diperlukan agar bisnis kateringmu semakin mudah berkembang.

Jika usaha semakin berkembang kemungkinan bisnis katering mu akan berubah menjadi sebuah resto.

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis katering ialah, mengelola keuangan bisnis katering, meskipun bisnis ini terbilang bisnis rumahan namun tidak ada salahnya untuk mengelola keuangan dengan menggunakan sistem aplikasi kasir.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.