RZF Software | Professional Application Developer

Influencer Marketing: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya bagi Bisnis

Oleh: Admin | 08 Januari 2022 - 07:30 WIB
Influencer Marketing: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya bagi Bisnis

Di tengah pesatnya teknologi saat ini banyak strategi pemasaran yang mendukung para pebisnis, mulai dari pemasaran secara lansung maupun pemasaran secara online. Salah satunya yang saat ini sedang trend dan sedang banyak digunakan oleh banyak pebisnis ialah influencer marketing.

Mungkin beberapa di antara kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah influencer, dimana sekarang kita sudah banyak menemukan pebisnis yang berkolaborasi dengan seorang influencer untuk membantu memasarkan produk maupun membangun brand awareness.

Baca juga: Brand Awareness: Pengertian, Fungsi dan Tips Membangunnya

Apa itu influencer marketing?

Influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan kepada orang lain karena dirinya memiliki otoritas, pengetahuan, posisi atau kaerna memiliki hubungan dengan publik atau audiens.

Pada dasarnya seorang influencer akan membangun reputasi mengenai topik tertentu yang sesuai dengan keahliannya atau mereka akan membuat konten secara reguler di berbagai media sosial untuk menarik pengikut yang antuasias. Influencer juga dianggap orang yang terkenal dan memiliki ribuan bahkan jutaan pengikut.

Sedangkan influencer marketing adalah strategi pemasaran melalui sosial media yang melibatkan dukungan dan penempatan produk dari seorang influencer untuk mempromosikan produk melalui endorsements, rekomendasi atau content creators.

Sebuah brand akan melakukan kerja sama dengan seorang influencer karena pada dasarnya seorang influencer memiliki kemampuan untuk menyasar cerruk pasar yang lebih spesifik. Dimana mereka akan mempengaruhi dan mendorong follower mereka untuk membeli produk yang dipromosikannya.

Jenis-jenis Influencer
Secara umum influencer dibedakan beberapa jenis berdasaran jumlah follower dan media yang mereka gunakan.

Berikut ini influencer berdasarkan follower, diantaranya:
1. Mikro 
Influencer mikro adalah seorang influence yang biasanya hanya memiliki jumlah follower 10 ribu orang, bahkan mungkin kurang. Namun, meskipun influencer mikro ini hanya memiliki followers yang sedikit tetapi rata-rata 80% influencer mikro memiliki audiens yang lebih spesfik pada niche (topik) tertentu.

2. Makro
Influencer makro pada umumnya ememiliki follower llebih dari 100 ribu , ia juga dikenal luas meskipun belum seterkenal seorang selebritis. Dengan jumlah followersnya yang banyak, seorang influencer berpotensial untuk mempromosikan produk dengan target audiens yang lebih banyak.

3. Premium
Terkahir, jenis influencer premium ini memiliki followers yang lebih banyak dibandingkan mikro dan makro. Biasannya influencer premium ini memiliki jutaan follower. Sehingga, influencer premium juga memiliki target audiens yang cukup menjanjikan.

Manfaat Influencer Bagi Bisnis
Strategi influencer marketing tentunya memiliki keuntungan bagi para pebisnis, Apa saja keuntungan yang akan didapatkan oleh pemasar? diantaranya sebagai berikut:

1. Membangun Brand Awareness
Dengan memanfaatkan strategi influencer tentu akan membantu meningkatakan brand awareness. Kenapa influencer dapat membantu meningkatkan brand awareness? karena pada dasarnya seorang influencer dengan jutaan followers akan merekomendasikan suatu produk kepada audiens lewat konten yang merrka buat.

Meskipun tidak semua audiens akan langsung membeli produk mu, minimal mereka akan mengenal brand dan produk. Sehingga, influencer marketing bisa membantu brand untuk meningktakan reach dan juga kesadaran merek.

2. Meningkatkan Penjualan
Seorang influencer biasanya memiliki hubungan yang baik dengan audiensnya. Ketika influencer menyebutkan atau bahkan merekomendasikan produk atau merek tertentu pada media sosial mereka, maka hal itu akan membuat pengikutnya percaya dan terdorong untuk membeli produk yang sama.

Bahkan bukna hanya itu, terkadang banyak pula followers yang sering menanyakan atau meminta rekomendasi produk apa yang harus mereka beli.

3. Membangun Kepercayaan Merek Lebih Cepat
Melalui konten yang dibuat oleh seorang influencer, secara tidak langsung akan membantu kepercayaan merek dari suatu brand meningkat. Misalnya, DR Rchard yang saat ini sedang banyak digemari oleh banyak oarang khususnya kaum wanita, lantaran kontennya yang selalu membahas skin care wanita.

Nah, dokter RIchard membangikan informasi tentang produk kecantikan tersebut dengan label aman maka secara tidak langsung hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan dari audiens terhadap produk tesebut.

4. Efektif Menjangakau Target Audiens
Beberapa pebisnis cendrung lebih memilih mempromosikan produk lewat iklan. Sayangnya sebagian masyarakat sering kali lebih memilih melewatkan sebuah iklan. Nah, dalam hal inilah influencer berperan dan dapat mengubah pandangan masyarakat terhadap iklan.

Jika pemasaran prdouk dilakukan oleh seorang influencer bukan tidak mungkin masyarakat akan mendengarkan mereka, apalagi jika seorang influencer tersebut memiliki citra yang baik di mata audiens. Dengan memilih soerang influencer yang tepat dan relevan, Anda bisa menjangkau audiens yang tidak hanya luas tetapi juga sangat efektif.

Kesimpulan

Nah, Anda sekarang sudah mengetahui secara lengkap apa itu influencer marketing. Jadi dapat disimpulkan bahwa influencer adalah seseorang yang memiliki followers yang banyak, dan influencer memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk.

Influencer memiliki manfaat bagi pebisnis diantaranya, membangun brand awareness, meningkatkan penjualan, membangun kepercayaan merek dan menjangkau taget audiens yang efektif.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan influencer marketing, Anda harus mempersiapkan pelayanan dan manajemen yang baik seperti memberi pelayanan transaksi jual beli dan mengelola keuangan usaha Anda dengan baik.

Anda bisa muali mengelola keuangan usaha Anda dengan menggunakan aplikasi kasir. Selain itu, dengan aplikasi kasir Anda juga bisa membantu mempercepat proses transaksi, sehingga hal ini akan memberikan pengalaman berbelanja yang baik bagi pelanggan Anda.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.