RZF Software | Professional Application Developer

Cara Penyusunan Laporan Keuangan Laba Rugi

Oleh: Admin | 26 September 2021 - 02:15 WIB
Cara Penyusunan Laporan Keuangan Laba Rugi

Bagi pemilik bisnis laporan laba rugi adalah suatu pencatatan yang menjadi kebutuhan sehari-hari, sehingga keuntungan maupun kerugian bisnis dapat diketahui. Setiap pengusaha sudah pasti membutuhkan laporan laba rugi. Dalam akuntansi laporan ini termasuk salah satu yang terpenting untuk dipelajari.

Pengertian Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan berupa pendapatan, pengeluaran, dan biaya yang diperoleh perusahaan dalam satu periode. Biasanya dalam satu periode bisnis direkap selama 1 sampai 3 bulan.

Laporan laba rugi juga sangat berfungsi bagi setiap pengusaha sebagai penentu tingkat nilai investasi perusahaan dan penentuan profit.

Umumnya laporan laba rugi dibuat untuk menghitung laba bersih perusahaan dengan mengurangi seluruh total pengeluaran dari total pendapatan.

 

Tujuan Laporan Laba Rugi

  1. Memberikan ringkasan dan beban suatu entitas perusahaan untuk waktu tertentu.
  2. Merangkum kegiatan operasional perusahaan.
  3. Mengetahui besarnya pajak perusahaan.
  4. Membantu analisa usaha dalam mengembangkan usaha.
  5. Memberikan informasi tentang keuntungan atau kerugian suatu perusahaan pada periode tertentu.

Komponen Laporan Laba Rugi

  1. Pendapatan

Pendapatan adalah pemasukan atau penambahan aktiva lainnya dari entitas bisnis, biasanya diperoleh dari hasil penjualan usaha.

  1. Beban

Beban adalah suatu proses pengukuran tingkatan biaya yang dikeluarkan, dan dapat dihasilkan dari suatu kinerja perusahaan berkaitan secara langsung dari proses kegiatan operasional perusahaan dengan supplier.

  1. Keuntungan (Profit)

Profit adalah suatu hasil proses kinerja perusahaan dan meningkatkan modal ataupun ekuitas sehingga laba yang dihasilkan lebih besar dari beban yang terjadi.

  1. Kerugian (Loss)

Kebalikan dari keuntungan, kerugian adalah suatu proses kinerja perusahaan dan penurunan laba, sehingga beban yang dihasilkan lebih besar karena suatu transaksi penambahan liabilitas, piutang atau pengeluaran.

Bagaimana Cara Membuat Laporan Laba Rugi?

Untuk membuat laporan laba dan rugi yang dihasilkan bisnis Anda, ikuti langkah-langkah akuntansi

Berikut:

  1. Buat terlebih dahulu jurnal transaksi dan masukan data transaksi ke dalam buku besar.
  2. Setelah itu, untuk membuat laporan laba rugi anda perlu mencetak laporan neraca percobaan. Anda dapat dengan mudah membuat laporan neraca lewat aplikasi berbasis dekstop Anda.
  3. Susunlah format laporan rugi, sertakan nama bisnis, periode laporan. Berikutnya membuat  3 kolom yang berisi pendapatan, beban dan laba rugi.
  4. Masukan data yang sesuai pada masing-masing kolom.
  5. Jika laporan laba rugi ini sudah jadi, barulah Anda dapat menilai kinerja perusahaan.

Contoh format membuat laporan laba rugi

Laporan Laba Rugi Single Step


Laporan Laba Rugi Multiple Step

Kesimpulan

Setelah membaca arikel seputar laporan laba rugi diatas, Anda pasti tahu bahwa keberadaan keuangan perusahaan sangatlah esensial dalam keberlangsungan bisnis Anda.

Maka dari itu, dalam menyusun laporan untung rugi haruslah cermat agar tidak mengalami kesalahan.

Jika Anda ingin membuat laporan laba rugi dengan mudah, otomatis dan cepat, Anda bisa menggunakan Aplikasi Kasir dari RZF Software.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.