RZF SOFTWARE

Professional Application Developer

RZF Software | Professional Application Developer

Hampir tiap bulan tidak ada sisa untuk tabungan? Ini Solusi nya!

Oleh: Admin | 12 Desember 2019 - 01:15 WIB
Hampir tiap bulan tidak ada sisa untuk tabungan? Ini Solusi nya!

Hampir tiap bulan tidak ada sisa untuk tabungan, Ini Solusi nya!

Kebanyakan orang merasa sangat sulit menambah jumlah tabungan mereka. Seringkali mereka mengeluh kebutuhan hidup yang semakin meningkat, sedangkan penghasilan tidak bertambah. Atau ada juga yang mengeluh karena merasa dirinya boros, walau punya penghasilan yang lumayan, tetap tidak bisa menambah tabungannya.

Jika Anda termasuk salah satu diantara mereka, sebenarnya semua ini bukan karena penghasilan Anda yang kecil atau kebutuhan hidup yang tinggi melainkan semua itu karena kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan. Beberapa kebiasaan buruk terkadang membuat seseorang menjadi tidak bisa mengelola keuangan dan membuat perencanaan keuangan.

Apa saja kebiasaan buruk yang sering dilakukan seseorang sehingga mereka tidak bisa menambah tabungan?

 

1. Tidak Membuat Rencana Pengeluaran

Kesalahan fatal pertama yang biasa dilakukan seseorang, sehingga keuangan mereka selalu habis begitu saja adalah mereka tidak membuat list atau rencana pengeluaran ketika mereka baru saja menerima uang. Padahal membuat list atau daftar apa saja yang jadi kebutuhan mereka dapat meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu atau tidak penting.

 

2. Sikap Tidak Efisien

Sikap tidak efisien, seringkali juga menjadi kebiasaan seseorang menjadi boros dan tidak dapat menabung. Sebagai contoh sehari-hari adalah dalam pemakaian listrik, seringkali orang menyalakan banyak lampu di malam hari, padahal dengan hanya menyalakan satu lampu saja sebenarnya itu sudah cukup untuk menerangi rumahnya. Hal inilah yang membuat pengeluaran listrik rumah tangga menjadi meningkat. Seandainya saja pemakaian listrik dapat lebih dihemat, tentu ada uang sisa yang bisa ditabung setiap bulannya.

 

3. Selalu Mengingat Jumlah Tabungan

Kebiasaan buruk selanjutnya adalah selalu mengingat jumlah tabungan. Dalam mengelola keuangan, semakin Anda mengingat jumlah tabungan Anda, sebenarnya hal itu hanya akan membuat Anda semakin tergoda untuk menggunakannya. Untuk itu, lupakan jumlah tabungan Anda, jika Anda tidak bisa menyimpannya dalam bentuk cash karena akan teringat terus nominalnya, maka simpanlah dalam bentuk emas, property dan lain-lain.

 

4. Menyepelekan Uang Kecil

Uang kecil atau uang receh, seringkali diabaikan karena dinilai tidak begitu berarti dalam menunjang keuangan. Namun, jangan salah jika Anda menyisihkan uang receh setiap kali Anda mendapatkannya, maka satu atau dua tahun kemudian Anda pasti akan kaget dengan hasil yang didapat.

 

5. Tidak Menunda Pengeluaran

Hal ini merupakan salah satu sikap konsumtif yang paling berbahaya dalam perencanaan keuangan. Karena apa yang sudah Anda rencanakan sejak awal bisa hancur berantakan jika Anda  tidak menunda pengeluaran. Misal, ketika jalan di mall tiba-tiba melihat hp yang lebih bagus, karena ada duit maka langsung membelinya. Biasakanlah untuk menunda pengeluaran terlebih dahulu sebelum yakin untuk membeli nya.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien Kami.

Chat dengan Kami