RZF Software | Professional Application Developer

Cara Membangun Sistem Bisnis

Oleh: Admin | 14 Juli 2018 - 03:15 WIB
Cara Membangun Sistem Bisnis

Dalam membangun bisnis tentunya ada beberapa tahapan yang mesti di tempuh:

 

1. Mental owner

Owner bisnis adalah orang yang mempunyai hak atas milik usaha yang dibangun, bisnis yang terbentuk tergantung dari ownernya sebelum membangun dirinya sendiri dengan baik, karena para pekerja hanya melakukan kebijakan-kebijakan dari ownernya.

 

2. Model bisnis

Sebenarnya ini bisnisnya apa?, jualan apa?, marketnya siapa?, produk unggulanya apa?, layak kah produk  yang diual dengan rupiah yang ditukarkan konsumen?, bagaimana jika posisi si penjual sebagai konsumen dengan produk yang di jual?, apakah produknya memiliki nilai tambah? ..Sehingga sales akan dengan PD menjual produknya.

 

3. Neraca bisnis 

Dalam neraca bisnis setelah point 1 dan 2 sudah oke, selanjutnya sempatkan untuk melakukan reset bisnis, dimana dalam hal tersebut dilakukan neraca bisnis yaitu menghitung: (Cash perusahaan + Nilai piutang usaha + Nilai invantory + Property dan Equipment yang terlibat) - utang2 baik itu ke supplier, bank maupun leasing ..dan itu merupakan harta bagi perusahaan.

 

4. Laba rugi

Setelah neraca terbentuk selanjutnya adalah mengecek laporan laba ruginya apakah ada atau tidak, jika benar atau asal2lan karena ada sebagian dari pebisnis yang tidak tau laba rugi, cek hpp nya juga apakah berdasarkan feeling atau memang riil.

 

5. Biaya dan sales

Setelah semua pembukuan disiapkan, selanjutnya adalah menganalisa biaya peningkatan sales, memotong biaya semaksimal mungkin atas biaya yang seharusnya tidak terjadi, dan melakukan peningkatan di sales bahkan bagaimana caranya agar konsumen bisa melakukan repeat order.

 

6. Siapkan organisasi 

Selanjutnya adalah membangun sebuah team, bagaimana supaya team bisa tumbuh bareng, sama2 menaikan agar profit terjadi dan bisa tumbuh, keterampilan team makin bertambah, sehingga perusahaan maju dan berkembang.

 

7. Cara bertumbuh

Setelah  berjalan maka perusahaan akan masuk pada kondisi free cash yang melimpah, mengalami modal yang membesar. Langkah selanjutnya akan dibelanjakan kemanakah agar bisnis terus bertumbuh dan berkembang.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.